Rabu, 12 Januari 2011

BAURAN PROMOSI

komunikasi promosi pemasaran produk umkm

Membuat Usaha Kaos Oblong/ Clothing T-shirt



2. Penjualan Tatap Muka
Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.
Tugas seorang wiraniaga adalah sebagai berikut :
1. memberikan informasi produk kepada konsumen
2. menjelaskan manfaat produk kepada konsumen
3. menjawab pertanyaan/argumentasi dari konsumen
4. mengarahkan konsumen agar terjadi transaksi
5. memberikan pelayanan purna jual
Sifat-sifat penjualan tatap muka adalah sebagai berikut :
1. personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
2. tanggapan langsung atas pertanyaan/reaksi konsumen
3. mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
4. biaya operasionalnya cukup tinggi
dalam promosi tatap muka (personal seling)
umkm kaos oblong menjual langsung kepada masyarakat dengan membuka gerai di daerah dekat di buat kaos oblong atau datang langsung ketempat pembuatan (pabrik) unruk dapat memilih langsung
3. Internet marketing
(pemasaran lewat internet), berbeda dengan bauran promosi lainnya pada internet marketing terdapat diversifikasi dengan adanya fungsi-fungsi seperti penerima, adanya informasi dan gambar, berbagai pertanyaan, respon terhadap pertanyaan atau keluhan, dan terakhir mampu melaksankan transaksi pembelian. Banyak perusahaan mempunyai website pribadi, yang dimana website tersebut juga berfungsi untuk mempromosikan dan menjual produknya secara online. Dengan adanya internet marketing ini perusahaan dapat melakukan promosi keseluruh dunia dan produk mereka pun dapat dibeli oleh setiap orang dimanapun mereka berada
Kaos oblong juga dipromosikan melalui internet oleh berbagai ditributor
contoh gambar :

4. Sales promotion (promosi penjualan), adalah bentuk persuasif secara langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli konsumen. Contohnya dengan adanya undian berhadiah, diskon, sampel produk,coba gratis, hadiah bagi langganan, pengembalian uang dan sebagainya
Kondisi untuk memulai kamu untuk membaca How To ini adalah :
1.                  Pengangguran
2.                  Bukan tipe pemalas
3.                  Modal pas-pasan (kiriman ortu macet)
4.                  Bisa design atau punya temen yang bisa design (sebaiknya bisa Corel Draw)
5.                  Berdomisili di Riau
6.                  Belum pernah usaha/bekerja di bidang clothing.
7.                  Kamu berada di tahun 2010-2012 (where ROCK’N'ROLL is ROCK’N'ROLL)
Kebutuhan yang harus kamu punya untuk bisa menjual produk clothing kamu nanti
1.                  Label
2.                  tag & tag gun
3.                  kain
4.                  sablon & perlengkapannya 

Label
Kaga ngerti label? Coba buka kaos kamu liat dibagian leher dalam belakang disitu ada tulisan merknya nah itu namanya label. Bisa juga ditempatkan di bagian sisi samping luar kaos atau bisa dikatakan sebagai identitas produck kamu.
·         harga sekitar Rp 5000an per lusin, minimal pemesanan 100 lusin
·         yang dimuat di label bisa berupa logo atau tulisan dan size t shirt
·         harga menyesuaikan ukuran dan design
·         label bisa dijait di belakang leher t-shirt dan atau di samping bawah t-shirt atau di tempat lain sesuai kebutuhan dan selera
·         Pemesanan label di jogja dan Bandung melalui marketing2 pabriknya
TAG
1.      tag dipake untuk asesoris brand t-shirt buat nyampein info produk kaya harga, kode, ukuran, ma identitas produk atau contact person produsen
2.      Design tag disesuaiin ama tema & identitas produk, bagusnya sih simple & gak useless buat konsumen.
3.      Kalau biaya cetak mahal coba kenalan dengan orang-orang percetakan trus sok akrab deh. Ketika mereka ada order cetak cover buku, atau apalah yang sdikit tebal kamu titip di space yang kosong buat tag kamu, syukur-syukur dapat space yang agak gedean. Nah dengan begitu kamu bisa dapat tag yang full colour, tebal atau mungkin di dof dengan harga murah tapi jumlahnya banyak.
4.      Kalau masih ada space cetak bikin kartunama sekalian.
5.      Tag dipasang pake tag gun bersama dengan tag pinnya. Bisa dibeli di toko2x buku, harganya sekitar 50 ribu trus tag pinnya 20 ribu udah dapet 1 kardus
Kain
Ø  Kain untuk bahan t-shirt ada banyak macemnya, ada yang katun 100 %: combat, cardet, Double Nit, *ingle Nit klo yang dah campur polyester TC, PE,ada lagi kain yag kaya bahan t-shirt polo namanya lacoste, ada yg katun ada juga yang PE, dll. Buat T-shirt standar distro biasanya pake combat (kualitas terbaik)
Ø  Kain katun combat ma cardet ga jauh beda, cuman di bagian dalem buat cardet tu agak lebih kasar
Ø  Klo kain PE biasanya dipake buat kaos partai
Ø  Harga di tiap toko bersaing, buat tau bedanya gimana mendingan coba jalan en tanya2 aja kesana, ada yang produknya lokal, ada juga yang import dari Bandung
Ø  Harga kain combat berkisar antara 49 – 51 ribu per kilonya untuk warna muda, trus untuk warna tau sekitar 51- 57 ribu. Itu untuk harga ecer. Karena hitungan kain kan pake rol, klo bisa beli per rol harganya emang beda, bisa lebih murah dan hemat.
Ø  1 kilo kain bisa jadi 3,5 kaos ukuran cowok (male): M, L, XL ato all size atau jadi 5 kaos untuk ukuran cewek (female), yang ukurannya press body lho. Tapi klo belinya rol bisa lebih hemat lagi, trus klo untuk ukuran XXL itu boros banget soalnya 2 kilo cuman jadi 3.
Ø  Untuk bahan lehernya namanya bahan rib, disesuaiin ma bahan bodynya juga, klo combat ya ribnya combat, PE ya ribnya PE. Warnanya bisa sama or beda2x sesuai selera en bagusnya gimana nge match in nya.
Ø  Pembelian rib itungannya per cm aja, soalnya 7 cm rib itu bisa untuk 4 t-shirt, klo ga bilang aja ma penjual kainnya rib menyesuaikan kain body yang dibeli.
Ø  Klo kain lacoste itu gambarannya kaya kain POLO t-shirt, jadi ada teksturnya gitu. Kain lacoste ada yang katun ada juga yang lacoste PE.
Ø  Untuk t-shirt berkrah juga butuh beli krahnya, krahnya juga tersedia untuk yang bahan katun ma bahan PE, krah yang bahan PE lebih lemes dari yang katun, klo yang katunnya kesannya lebih kaku. Krah bisa juga dibuat sama dengan bahan bodynya.
Ø  Harga untuk krah katun sekitar 3500 per pcs, untuk yang PE sekitar 2500 per pcs.
Design
Yang membedakan satu clothing dengan yang lainnya selain bahan adalah desain. Masa kamu mo jual desain gambar partai di distro hihihihi. Sebaiknya tema desain selalu dinamis dan mempunyai ciri tersendiri kalaupun belum nemu karakter sendiri entar lama-lama pasti ketemu sambil melihat selera pasar. Usahakan desain2x vektor bukan images komplek seperti photo karena kamu akan susah nyablonnya nanti. Vektor itu…nek boso jowone gambar seng ra ribet.
Ingat desain kaos bukan untuk dirimu sendiri tapi untuk yang bakalan beli kaos kamu, ini mo cari makan bukan buat mengagung-agungkan idealismemu hihihi. Ahk bosok….! Internet adalah sumber inspirasi yang bagus, coba buka website-website grapis trendy masa kini.

 Adik : “Kak kalau saya jiplak desain orang gimana?”
Kakak : “Hey dosanya kamu yang nanggung tho! bukan saya.”
Sebaiknya kamu mendesain gambar sablon di Corel saja, sebab corel bagus hasilnya ketika dicetak nantinya. Sebaiknya kamu setting desain kamu sendiri untuk pembuatan film sablon, kalau kamu kaga bisa nyetting bisa di orderkan ke tempat setting cuma harganya mahal (extra cost).
Tutorial setting sederhana menggunakan corel :
1.      Gabungkan semua object, klik satu object kemudian Shift + Select object yang lain atau select all kemudian tekan icon “Weld” yang muncul di bar atas.
2.      Pisakan bentuk-bentuk yang memiliki warna berbeda pada design, print hitam tebal diatas kertas 60 Gram (kalau lagi kaya print di kertas kalkir).
Sablon
1.      Sebaiknya sablon dikerjain sebelom kain dijahit or sebelom kaos jadi, soalnya ada beberapa tempat sablon yang emang ga bisa nyablon kaos yang udah jadi, klo bisa nyablon sendiri sih oke banget
2.      So dari kain potongan aja dulu, soalnya ntar screen nya kan butuh yang lebih gede klo buat kaos jadi.
Bordir
Selain sablon juga ada alternatif desain kaos dengan bordir. Ada yang dibordir langsung di kain kaosnya, ada juga yang dibordir dulu di kain lain baru dijahit di t-shirt. Tapi kebanyakan yang pakai bordir untuk kaos yang berkrah

Jahit
·         Abis selesai disablon, kain dijahit. Jahit kaos sebenernya lebih gampang ketimbang jait baju ma busana lainnya, tapi kadang susah juga cari ahlinya
·         Model2 kaos macem tergantung selera, klo buat cowok biasanya ga terlalu banyak modelnya, pengennya yang simple aja, paling maen di warna rib aja, ma beda warna lengan gitu
·         Bagian2 kaos ada bodi depan, bodi belakang, lengan, ma bagian lehernya yang disebut rib
·         Mesin jait untuk t-shirt ada 3 :
1.                  Mesin jahit biasa untuk jait pundak dan leher.
2.                  Mesin jahit obras untuk bagian samping body dan sambungan2 lain.
3.                  Mesin jahit overdeck untuk bagian lengan ma body bagian bawah.
·         Untuk modifikasi model t-shirt cewek macem2, tergantung selera.
·         Untuk kaos berkrah stepnya lebih lama karena butuh jahit krah dan tempat kancingnya.

Nama : ABBEL HEDRAT PALAZI
( 30208942/3 DD 01 )
MANAJEMEN PEMASARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar